Rabu, 29 Mei 2013

RESPONDING PAPER KELOMPOK 3


RESPONDING PAPER YUNANI KUNO
NAMA: RITA HARDIANTI
YUNANI KUNO
Masyarakat Yunani pertama berkembang di pulau Kreta, di sebelah selatan laut Agea. Penduduk Kreta bukanlah penduduk Yunani melainkan mungkin berasal dari Barat Asia kecil yang datang 3000 SM mereka melakukan perdagangan dengan orang Yunani sehingga meninggalkan pengaruh dalam seni, agama, dan dalam sistem penulisan. Dalam sejarah diceritakan bahwa sejumlah kota di Yunani diatur oleh raja. Kota yang paling berperan adalah kota Mikene.
a.      Kebudayaan Minoa
Orang-orang kreta berasal dari asia kecil, sedangkan orang-orang Mikene datang dari Eropa bagian utara. Kebudayaan Mikene itu banyak dipinjam dari Kreta. Maka kedua kebudayaan itu disebut kebudayaan Minoa. Nama Minoa berasal dari nama Minos, raja kreta yang berkedudukan di kota Knosus. Kebudayaan Minoa desebut juga kebudayaan laut Aegea.Kebudayaan Minoa (Aegea) berkembang di Kreta 3000 SM selama zaman perunggu. Kemudia mencapai puncaknya kira-kira pada tahun 2000 SM sampai 1500 SM.
b.      Orang-orang Yunani pertama
Orang-orang Hellena (Hellas) adalah sebutan kuno untuk orang-orang Yunani. Semula mereka merupaka suku-suku pengembara dari rumpun Indo-Eropa. Mereka menyerbu keselatan, ke jazirah yang sekarang disebut Yunani anatara tahun 2000 SM sampai 1000 SM. Dalam penyerbuan itu mereka menaklukan penduduk asli atau penduduk yang datang lebih dahulu dari mereka. Mereka hancurkan dan tundukan kebudayaan Mikene dan Kreta. Pada kira-kira tahun 1000 SM, mereka telah menduduki seluruh jazirah Yunani, sebagian dari asia kecil dan kepulauan di laut Aegea.
Adapun suku-suku Hellena antara lain:
·         Suku Arcadian/Akhaia
Akhaia adalah daerah paling utara di Peloponnesos, meliputi pesisir utara Arkadia. Suku Ionia
·         Suku Ionia (bahasa Yunani: Ἴωνες, Íōnes) adalah satu dari empat suku utama yang merupakan leluhur bangsa Yunani Suku Aeolian
·         Suku Aiolia (bahasa Yunani: Αἰολεῖς) merupakan salah satu dari empat suku Yunani utama, yang membentuk bangsa Yunani kuno (ketiga suku lainnya adalah suku Akhaia, Doria, dan Ionia). Nama Aiolia berasal dari Aiolos, tokoh dalam mitologi Yunani yang dipersaya sebagai leluhur suku ini. Suku Dorian
·         Suku Doria (bahasa Yunani: Δωριεῖς, Dōrieis, tunggal Δωριεύς, Dōrieus) adalah satu dari empat suku bangsa utama yang menjadi leluhur bangsa Yunani kuno
c.       Pertumbuhan dan perkembangan yunani
pertumbuhan dan perkembangan Yunani dalam bidang politik, ekonomi, sosial dan kebudayaan semakin bertambah maju dan berkembang. Pada abad ke-7 SM tumbuh dan berkembang Negara-negara kota seperti Sparta, Athena, Thebe, Corinthia, dam Argos. Bukan hanya di daratan jazirah Yunani saja, tetapi tersebar pulau Negara-negara kota itu di pulau-pulau laut Aegea. Masa antara abad ke-7 dan ke-6 SM adalah zaman kolonisasi Yunani.
d.      Empat zaman penting di Yunani
1.      Mikene (1400-1100 SM)
Pada akhir zaman perunggu kota mikene di peloponnesos adalah kota yang berpengaruh di laut Aegea. Menurut Hemeros benteng mikene adalah singgahsana Agamemnon, raja yang memimpin Yunani dalam perang Troya. Mikene adalah kota yang makmur dan menjalin hubungan perdagangan dengan Mesir, Surya, dan Palestina.
Para sodagarnya membuat catatan dalam bahasa Yunani awal. Pada sekitar 1100 SM pengaruh kota ini lenyap ketika di serang dan dibakar habis oleh penyerang yang tidak dikenal.
2.      Zaman kegelapan (1100-750 SM)
Setelah jatuhnya Mikene tulisan menghilang, istilah zaman kegelapan mengacu kepada minimnya catatan sejarah bukan minimnya pencapaian. Konon masyarakat baru memasuki Agea dari utara. Raja-raja bermunculan memrintah komunitas-komunitas kecil. Ini lah cikal bakal Negara kota Yunani. Pujangga mulai mencetak mitos dan legenda yang di tulis pada abad ke-8 SM, ketika para pemikir bahasa Yunani kembali menulis. Kali ini dengan huruf varian fenesia.
3.      Zaman klasik (250-323 SM)
Negara kota Yunani berkembang dan mendirikan koloni-koloni di seantero Mediterania sebuah aliansi Yunani yang dipimpin Athena dan Sparta serta sekutu mereka: perang berakhir sekitar 30 tahun kemudian dengan kekalahan Athena pascaperang, fhilip II dari Makedoneia berkuasa atas seluruh Yunani, puteranya Alexander mendidrikan kekkuasaan yang terbentang di seantero Asia dan India
4.      Periode Helenistik (323-31 SM)
Meskipun kekuasaan Alexander terpecah menjadi tiga kerajaan besar dan banyak wilayah kecil, pengaruh Yunani tetap terlihat melalui Helenistik Yunani-politik, sastra, seni dan bahasa yang didukung oleh pendidikan dan luasnya penggunaan tulisan. Bangsa Romawi pindah ke bekas kekuasaan Alexander pada tahun 168 SM dan pada 86 SM menguasai Athena. Mereka terbukti menjadi pendukung besar banyak aspek budaya Yunani.
e.       Ajaran dan praktek keagamaan
Bangsa Yunani menyembah dan percaya kepada banyak dewa dan dewi. Dewa-dewi itu berdiam disuatu gunung yang bernama olimpia, dibawah pimpinan suatu dewa tertinggi yang bernama Zeus. Zeus adalah raja dari para dewa. Dia bisa mengendalikan cuaca. Penyair Yunani kuno, Hesiod, memanggilnya 'awan-pengumpul' dan 'guntur'. Senjatanya yang paling ampuh adalah petir. Orang Yunani kuno percaya bahwa ketika petir menyambar bumi, itu adalah tanda Zeus hadir.
Di bawah ini beberapa dewa yang dipercayai oleh orang-orang yunani :
·         Zeus sebagai dewa tertinggi yang mendiami langit
·          Hera adalah istri Zeus dan ratu para dewa.
·         Athena adalah dewi perang dan kebijaksanaan
·          Apollo adalah dewa matahari, kebenaran, musik, puisi, tari dan penyembuhan
·         Demeter adalah dewi kesuburan dan pertanian
·         Poseidon adalah dewa laut dan kuda.
·         Aphrodite adalah dewi cinta dan kecantikan
·         Hermes adalah dewa perjalanan, bisnis dan olahraga.
·         Artemis dewi berburu, memanah dan melahirkan
·         Ares adalah dewa perang. Namun, tidak seperti Athena, ia tidak sangat licik dalam pertempuran.
·         Hephaistos adalah dewa api, gunung berapi, pandai besi dan craftworkers
·         Hephaistos adalah dewa api, gunung berapi, pandai besi dan craftworkers

Tiada ulasan:

Catat Ulasan