·
A
AAGAMA SIKH
AJARAN AGAMA SIKH
Tatkala Nanak berusia 30 tahun, ia mengatakan pada istrinya. Jugaorangtuanya,
bahwa ia teah menjadi guru. Istrinya bertanya apakah guru itu? Nanak menjawab:
“guru adalah seseoreang yang mengajarkan kepercayaan baru” apakah kepercayaan
baru itu?, tanya ayahnya. Nanak menjawab: “tidak adahindu tidak ada muslim “
inilah krmudian yang di katakan sebagi ajaran besaragama Sikh.
Pada pertama kali Nanak mengajarkan ajaran tersebut, majikanya Nawab Daulad
Khan Lodhi,juga mendengarnya, dan bertanya mengapa “mengapa Nanak berpendapat
tidak ada Muslim? “ Nanak menjawab: “Nwab Sahib, adalah sangat sulit menjadi
seorang muslim. “ seterusnya ia berkata :
“Orang yang kokoh kuat memang keyakinanya berhak di sebut seornag muslim,
amalan-amalanya harussesuai dengan keyakinanya terhadapketeladanan nabi
Muhammad ia harus membersihkan diri dari kesombongan dan kerakusan tidak
lagi tergoda oleh dua macam kepentingan kehidupan dan kematian menyerahkan diri
kepada kehendak Tuhan mengenal dia sebagai yang maha kuasa bebas daritekanan
diri pribadi mengasihi segala sesuatu demikian itulah seseorang yang boleh
menamakan dirinya sebagai seorang Muslim ”
Guru Nanak pribadi adalah seorang yang benar-benar hidup konsekuen dengan
ucapanya itu. Ia mengajarkan keesaan Tuhan. Ia yakin seyakin-yakinnya bahwa
tuhan itu adalah maha esa, kekal abadi, berdiri sendiri dan tanpa rupa. Tuhan
yang di ajarkan Nanak bukan suatu ide yang hayal atau abstrak bukan sesuatu
kekuatan moral yang brsifat impersonal karena menurut Nanak. Tuhan adlah wujud
yang personal, maha pencipta, maha pengasih dan penyayang.
Nanak menolak ajaran tentang Dewa-dewa yang di ajarkan agama hindu menurut dia
hanay Tuhan yang maha esa yang maha benar sajalh ayng wajib di sembah. Ajaran
Nanak tentang keesaan Tuhan ini jelas dapat di baca dalam Mulmantra dari japji,
baris baris pertama dalam bagian2 pertama dalam kitab suci Adhi Granth. Di situ
termuat ucapan-ucapan Nanak yang antara lain berarti :
“hanya ada satu Tuhan yang namaNYA adalah kebenaran, pencipta, terpelihara dari
kekuatan dan musuh tidak dilahirkan, kekal, berdiri sendiri, maha besar,
melimpah. Yang maha esa itulah yang awal dan yang akhir, yang maha esa
itulah yang akan datang.”
Nanak sama sekali menolak setiap bentuk kompromi dalam ajaran tentang keesaan
tuhan ia dengan tegas menolak ajaran tentang trinitas, dan menyatakan bahwa
pembagian tuhan menjadi tiga pribadi adalah bertentangan dengan keesaan Tuhan
dalam hal ini Nanak berpendapat bahwa “adalah anaggapan yang biasa bahwa dewi
ibu secara misterius melahirkan ajaran trinitas atau tritunggal, yaitu tuhan
pencipta Tuhan memelihara dan Tuhan pemusnah. Akan tetapi pada hakeketnya
itulah Tuhan, yang mengatur alam semesta berdasarkan kehendaknya dan buakan
yang lain yang paling menabjukan manusia adalah bahwa Tuhan itu melihat Merekan
dan mereka tidak melihan NYA, semua tergantung kepadaNYA, wujud pertama yang
maha suci yang tidak berawaldan tidak mati danselamanya tetap sama”
Guru Nanak juga menyangkal ajaran ketuhanan yang bercorak monistik (advaita
vedantism) dari Hinduisme. Menurut ajaran agama ini alam semesta adalah maya
atau khayal, realitas sejati hanay satu yaitu Tuhan begitu juga Nanak tidak mau
menerima ajaran dualistik yang di ajarkan oleh hinduisme yang di kenal juga
dengan Shankhya-yoga. Menurut ajaran ini alam dan tuhan tidak di ciptakan
dan sama-sama kekal, sama dengan umat Islam Nanak percaya bahwa alam semesta
itu adalah nyata namun di ciptakan dan tidak kekal. Alam ini nyata klarena
merupakan bukti dan kehendak dan hukum tuhan. Semua benda menjadi wujud,
sementara karya dari kehendak itu tidak bisa di uraikan. Ahnya
dengankehendak-NYA semua wujud mengembangkan hayat dalam diri masing-masing, dan
kemudian semua wujud akan bertambah mulia karenakemuliaan yang menciptakanya.
Guru Nanak menyeru orang agar mengikuti jalan menuju tuhan. Keselamatan,
menurut dia, hanya teruntuk bagi siapa yang menundukkan kemauanya di bawah
kehendak Tuhan. Siapa yang ebrfikir dan berbuat sesuai denagn keinginan
tuhan, ia akan selamat. Dalam hal ini Nanak berkata “ jalan kepatuhan akhirnya
menyampaikan orang ke pintukeselamatan pertama orang itu harus menjadipelopor
hidup rohaniah bagi keluarganya kemudian menjadi seorang guru yang
menyelamatkan dirinya sendiri ia juga menyelamatkan pengikut-pengikutnay Nanak
orang yang mematuhi sabda itu tidak akan tersesat dalam menempuh jalan dari
pintu ke pintu itu karena sabda itu adalah sanggatbersih dan terang. O, jika seseorang
tahu bagaimana mematuhinya dengan seluruh hati dan jiwanya”[1]
AJARAN NANAK TENTANG MANAUSIA
Guru Nanak mengajarkan bahwa seluruh umat manusia adalah satu. Orang di
muliakan bukan karena ia angota kasta ini atau itu, kepercayaan ini atau itu,
melainkan karena ia adalah”manusia” oleh karena itu nanak juga sangat menentang
ajaran tentang kasta, lebih-lebih tentang adanya manusia najis yang haram di
sentuh.
Nanak meletakan dasar bagi pengangkatan martabat manusia dikalangan msayarakat
hindu buakan atas dasar kasta, upacara upacara singkat seerti mantra-mantra,
keajaiban-keajaiban, misteri-misteri akan tetapi atas dasar kodrat dan
kecenderungan manusia itu sendiri.”tidak ada gunanya itu kasta dan kelahiran
pergilah dan tanyakan kepada mereka yang mengetahui kebenaran. Derajat
seseorang di tentukan oleh amal kebajikannya”demikian katanya jalan manusia
untuk menyembah tuhan, menurut Nanak adalah menyampaikan rahmat karunia-Nya dan
merenungkan nama-Nya.
Mengenai cinta manusia kepada Tuhan Nanak menyatakan “ kalau orang cinta kepada
Tuhan, perdengarkanlah lagu kecintaan tuhan. Kalau orang cinta kepada tuhan
sebutlah namanya selalu dan ingatlah akan kesucian-Nyacinta kepada tuhan harus
ibarat baungga berantai mencintai air, seperti burung pungguk merindukan bulan,
seperti suami mencintai istri, seperti istri mencintai suami, kalau kamu
menyebut nama-Nya kamu kan hidup kalaukamu melupakan Dia kamu mati, lapangkan
hati mu kepada-Nya masuk dan bersatu dengan-Nya. Tnggelamkan dirimudalam
pelukan-Nya dan nikmatilah kehangatan pelukan Tuhan
Nanak sangat mementingkan segi moral manusi, menurut dia.manusia harus hidup
dengan mengutamakan kesempurnaan moral karena kesempurnaan manusia terletak
pada tinggi rendahnya moral itu. Dalam memeberikan nasehat untuk pembinaan
moral manusia[2]
AJARAN NANAK TENTANG ALAM
Nanak mengajarkan bahwa alam semesta ini adalah ciptaan Tuhan, dan tida abadi.
Yang kekal dan abadi hanya Tuhan, karena Tuhan adalah relitas mutlak. Nanak
juga manusia lain adalah mahluk tuhan. Tuhan adalah yang maha kuasa yang
mneguasai segala-galanya bila manusia beranggapan bahwa ia bebas melakukan
kehendaknya, bahwa ia tidak akan dapat menikmati kebahagiaan yang sejati.
Dengan kodrat dan iradat Tuhan seluruh alam ini terjadi, dan melalui hukum
tuhan alam ini menjalani kehidupanya. Tidak ada sesuatu yang berjalan di luar
kehendak dan hukum Tuhan. Dengan koadrat Tuhan semuanya di kuasai oleh maut dan
menuju kepada kemusnahan. Dengan kodrat Tuhan pula manusia terserap ke dalam
Yang Maha Besar.
Apapun yang dikehendaki Tuhansemuanya akan terjadi tidak ada yang berada di
bawah kuasa mahluk, Tuhan yang maha kuasa dan tuhan maha tahu dan maha kasih
sayang. Ia kuasa menjadikan dan memusnahkan. Ia tahu apa yang sudah terjadi dan
apa yang akan terjadi. Ia mengasihi siap yang tunduk dengan perintahnya dengan
menganugrahkan kehormatan, dan ia akan menghukum semua yang ingkar dari
ketentuan-Nya. Semua yang telah dan akan menjadi adalah menurut kehendak-Nya.
Demikaian itu garis besar guru Nanak. Ajaran-ajaran yang berasal langsung dari
Nanak ini di lengkapiterus oleh guru-guru penggantinya, guru Angarh mulai
mencetuskan tentang tentang perlunya kaun Sikh memiliki kitab sudi dan rumah
ibadatsediri. Ia mempelopori kedua hal tersebut. Ia juga berusaha membersihkan
unsur-unsur Hindu dari dalam Sikh sepoerti larangan pemujaan sakti. Larangan
membakar janda yang di tinggal mati suaminya di pelopori oleh Amar Das, guru ke
tiga. Rum Das menetapkan ajaran tentang kewajiban menyumbangkan sebagian harta
untuk menegakkan agama dan kepentingan uamt juga pengangkatkan seseorang
menjadi imam atau pemimpin upacara di tetapkan olehnya. Realisasi ide adanay
tempat suci di lakasanakan oleh Rum Das ini. Dia membangun kuil emas di
amritsar, ayng sampai sekarang di anggap sebagai kuil yang paling suci oleh
orang-orang sikh.
Guru Govind singh memperdekat Sikh dengan Hindu. Ian memasukan kembali
unsur-unsur Hindu yang sebelunya telah di bersihkan dari Sikh. Brkat
jasanya, syir-syair Ramayana dan Mahabrata di padukan pembacanya bersam Adi
Granth di kuli-kuil Sikh. Begitu juga ajaran-ajaran tambahan lainya, seperti
penyucian atau sakramen yang mereka sebut Khandadi-Paul dan Karah Parshad. Perjamuan
dan simbol-simbol kesucian. Merupakan tambahan dari guru[3]
\
PERIBADATAN AGAMA SIKH
Agama Sikh tidak banyak merumuskanuapcara ibadat. Ibadat yang paling pokok
adalah samadi dalam rangka mengingat tuhan untuk menyucikan rohanidari
pengaruh-pengaruh yang menjauhkan manusia dari Tuhan. Di samping itu mereka
mengenal sujud dan menyanyi di kuil. Tetapi semua itu inti pokoknya adalah
dzikir. Menurut mereka, kewajiban tertinggi adalh menyebut Tuhan yang maha Esa
secara terus menerus. Nama Tuhan yang murni itu adalah kekuatan yang akan
membantu manusia sehingga harus selalu di ingat dan di ucapkan hilangkan segala
sesuatu dari ingatan selain nama yang murni itu, sebut nama itu berulang kali,
dengan nama itu tumpakan ingatan akan nama itu, ualng dan ulangi terus menyebut
nama Tuhan setiap saat sampai jiwa terserap ke dalam cahaya ketuhanan.
Nama Tuhan yang murni di wujudkan dalam bentuk jamaah yang oleh mereka di sebut
dengan Khalsa Panth (jalan yang murni). Orang yang sudahmenempuh jalan ini
artinya sudahmenjadi angotanya melalui sakramen atau babtis, akan memperoleh
status sebagai “ orang yang suci murni” tidak semua kaum Sikh mau dan menerima
upacara sakramen dan bentuk sakramen ini. Mereka menganggap bahwa baptis atau
sakramen bukan ajaran Nanak. Mereka ini tetap mengutamakan samadi dan
ketentraman jiwa dalam ibadat. Mereka di sebut Sahajdharis atau “orang yang
hidup tentram”
Selain dari itu kaum Sikh juga menjadikan tradisi menyikat rambut dua hari
sekali dan membaca serta menyanyikan syair-syair yang terdapatdalam kitab suci
mereka setiap hari sebagai ibadat. Bagi mereka yang tergabung dalam golongan
Khalsa Panth, berperang adalah juga ibadat. Sebab itu tidak aneh bila
setiapmereka melakukan aksi-aksi kekerasan, kekerasan terakhir. Yang terdiri
dari basis kaum militernya, selalu di pusatkan di kuil, termasuk kuil emas
Amritsar.
Akhirnya perlu
dilihatkembali keyakinan dan kecenderungan Nanak sendiri selama dia
berseruTuhan dengan berbagai ajaran yang di anut oleh masyarakat india terutama
Hindu dan Islam. Ajaran-ajaran Hindu jelas semuanya di Tolak oleh Nanak,tetapi
ibadat-ibadat islam juga tidak ada yang di tetapka sebagai ibadat kaum Sikh.
Jalan samadi dan Dzikir yang di utamakanya untuk menyembah tuhan adalah jalan
mistik yang paling populer dalam semua agama. Melalui jalan mistik semua
agama bertemu, sehingga benar kiranta bila di katakan bahwa agam Sikh
yang di dirikan oleh Nanak merupakan agama mistik dan sinkretia[4]
KITAB SUCI AGAMA SIKH
1.
Adi Granth
Kitab suci ini di
sebut juga guru Granth Sahib. Dan merupakan kitab yang di susun oleh guru yang
kelima Arjun, di Amritsar. Sebelumnya, guru Angarh, guru ke dua sudah berjasa
mempelopori penyusunan naskah punjabi. Gumurkhi. Ke dalamnya di masukan
himpunan-himpunan syair-syair serta fatwa-fatwa Guru Nanak. Naskah ini
menjadi embrio bagi kelahiran Adi Granth. Adi Granth mempunyai tiga
versi, yaitu kartarvali bir, Bhai Banno Vali Bir dan Dam Dama Vali Bir. Yang
tersebut akhir merupakan buku kecil, hasil revisi guru Govind Singh yang
melengkapi dan menyisihkan isi kitab yang di susun ayahnya, Tegh B ahadur.
Sisipan itu terdiri dari nyanyian-nyanyian suci yang di susun dari lima orang
guru yang pertama dan yang di susun oleh Govind Singh sendiri, serta
syair-syair yang diambilkan dari Mahabrata dan Ramayana Hindu.
Tulisan-tulisan dalam Adi Granth dapat di golongkan menjadi tiga macam, yaitu
pertama, nyanyian-nyanyian suci yang disusun oleh guru Sikh. Bagian ini
merupakan bagian yang paling besar, terdiri dari 2218 syair oleh arjun :974
syairoleh guru Nanak: 907 susunan amar dad: 679 susunan Ram Das, 115 karaangan
TeghBahadur dan 62 syair keduan nyanyian yang berasal dari kaummistik baik yang
beragama Hindu maupun Kaum Sufi. Bagian yang terbesar dari nyanyian ini adalah
yang berasal darri sufi besar, yaitu kabir dan Farid. Ketiga, puji-pujian yang
di tunjukan terhadap guru-guru Sikh, di susun oleh penyair pengembala kaum
sikh. Syair-syair yang terdapat dalam Adi Granth tidak di susun berdasarkan
pengarang atau tema pokok. Melainkan di bagi menjadi tigabelas ragas, yaitu
semacam model musik untuk di nyanyikan[5]
2.
Dasam Granth
Kitab ini juga di
sebut dengan dasvin Padshah ka Granth dan merupakan kumpulan tulisan guru
Govind Singh sendiri. Isinya dapat di bagi menjadi empatbagian, yaitu bagian
mitologi: bagian yang bercorak filosofis, bagianyang berisi otobiografi; dan
bagian yang ada sangkutpautnya dengan masalah hawa nafsu atau erotik. Bagian
terbesar adalah mitologi, yaitui dongeng-dongeng yang di ceritakan oleh guru
Govind Singh mengenai dewa-dewa dan dewi-dewi angam hindu unsur-unsur yang
membuat masalah-masalah yang bersifat filosofis adalah bagian yang terdiri ari
karya-karya terkenal seperti jap shahib (tidak sama dengan jappi guru Nanak),
akal ustat, Gyan Probodh dan Sabad Hazare. Bagaian yang berkenaan dengan
riwayat hidup atau biografi termasuk kedalam Bichitra Natak dan Zafar Nama.
Bagian yang berkenaan sengan uraian yang ada hubungan dengan hawa nafsu atau
erotik yang bisa di bandingkan dengan Pakhyan Charits dan
hikayat-hikayat,termasuk di antaranya adalah cerita-cerita yang di ceritakan
oleh Guru Govind Singh mengenai godaan-godaan kaum wanita serta penuh
cerita-ceriya yang sangat cabul.
Sebagai tambahan dan
pelengkap Adi Grath, terdapat Janam Sakhis atau riwayat hidup guru Nanak secara
tradisional kitab ini berisi dongeng-dongeng dan penuh dengan cerita mukjizat
dan keajaiban-keajaiban di jaman sakhis yang terkenal adalah jaman Skahia Bhai
Bala, Vilayat Vali Janam Sakhi, yang katanya sudah di tulis semenjak tahun 1558
oleh seorang yang bernama Sewa Das, dan Hafizabat Vali Janam Sakhi[6]
SEKTE-SEKTE AGAM SIKH
Ada dua sekte besar yang sanagt menonjol di aklangan kaum
Sikh, yaitu pathis Nanak dan Khalsa Sikh. Panthis Nanak meupakan aliran besar
yang ingin mempertahankan ajaran-ajaran guru Nanak, sedang khalsa merupakan
kelompok yang mengutamakan kepatuhan dan ketundukan kepada guru yang ke
sepuluh, yaitu Govind Singh. Pandangan kelompok ini lebih dinamis dan lebih terbuka
dengan kemungkinan adanya perubahan dan pembaharuan. Selain kedua sekte di atas
kaum Sikhterpecah pula ke dalam lima sekte lain, yaitu Orsi, Hendali, Namdari,
dan Akali dua aliran yang tersebutakhir perlu di jelaskan lebih lanjut.
3.
Sekte Namdari
Sekte ini di dirikan
oleh Bhai Ram Singh, seorang perwira pasukan Raja Ranjit Singh. Bhai Ram adalah
seorang yang taat beragama dabn murid dari seorang pengikut sekte orsi, yaitu
baba balak ram. Bhai Ram ingin mengadakan pembaharuan terhadap agama Sikh. Dia mengajarka
bahwa gurunya Baba Balak Ram, adlah guru Sikh yang kesebelas. Ajaran ini di
terima oleh sebagian kaum Sikh, dan mereka mengangap bahwa Bhai Ram adalah guru
yang ke duabelas aliran ini terkenal karena keshalehanya dan pakaian yang
di pakai.
Anggota-anggota sekte
ini tidak mau memakan makanan yang tidak dimasak oleh angota kelompok mereka,
dan tidak mau pula memakan makanan yang najis, minum minuman yang haram, atau
khaddhar. Sikap mereka terhadap penguasa juga keras. Mereka selalu memboikot
kantor-kantor pos dan pengadilan inggris. Sewaktu ketika mereka pernahmemcoba
mengusir kekuatan inggris dari sekitar mereka dan berusaha membangun kekuatan
sendiri. Akan tetapi mereka gagal. Dalam penyerangan yang mereka lakukan
terhadap pos-pos pemerintah di daerah punjab, sekitar lima puluh orang di
antara mereka terbunuh. Kegagalan pemberontakan ini menubabkan seluruh pimpinan
mereka yang berada di daerah punjab di tahan oleh pasukan militer inggris dari
divisi Ambala. Kemudian mereka di buang ke Rangoon dan tidak di perbolehkan
balik ke india lagi
Setelah gagal didalam
usaha politik ini, golongan Namdari mulai memusatkan fikiran kembali ke masalah
agama. Yang terutama di lakukan adalah mengangkat guru baru penganti Baba Ram
Singh. Guru ini masih keponakan Baba Ram Singh. Sekarang jumlah mereka ddi
perkirakan ada sekitar 900.000 jiwa.
4.
Sekte Akali
Aliran atau sekte
akaliadalah suatu aliran yang paling akhir lahir di kalangan kaum Sikh karena
aliran ini baru muncul setelah perang dunia ke dua berbeda dari sekte Namdari,
sekte ini sangat kuat ke arah politik, tokkoh utamanya, Banda Biragi sangat
besar pengaruhnya dalam menentukan arah politik kelompok ini. Apa yang di
lakukan oleh banda bairagi dan pengikutnya dapat di gambarkan oleh keterangan
berikut ; “perhatian banda tidak pernah lengah dari mengamati pasukan inggris
di india. Sering sekali ia melakukan perang grilia dan dengan menyamar di dalam
kerumunan orang banyak. Mereka selalu menimbulkan kerusuhan-kerusuhan yang
merepotkan penguasa benda tidak menetap di suatu tempat tertentu ia tidak
pernah menetapkan bekas setelah melakukan pembunuhan, penyerangan serta
penghancuran sesuatu sasaran mereka juga sering menghancurkan masjid-masjid dan
mengobrak abrik makam kaum muslimin”
Mengenai aliran-aliran
atau sekte-sekte lainyan tidak banyak informasi yang dapat di peroleh. Hal ini
mungkin karena sekte-sekte tersebut tidak mempunyai pengaruh yang berarti dalam
sejarah kehidupan kaum Sikh, tidak seperti dua buah sekte tersebut di atas. Di
samping itu ada juga yang membagi kaum Sikh menjadi dua golongan besar, yaitu
Manja dan Malwa. Penamaan ini di sesuaikan dengan tempat tinggal atau pusat
daerah kediaman para pengikutnya. Manja adalah nama daerah bagian selatan
B’ari do’ab, yang terletak diantara sungai beas dan rafi, dekat kota lahore dan
amritsar. Malwa adalah kaum Sikh yang pada umumnya berdiam di daerah sebbelah
selatan sungai sultej dan menyebar sampai ke daerah newdelhi dan bikaner.
Mereka merupakan penduduk asli daerah bersangkutan. Mereka di kenal sebagai
namoor sikh dan family fhakalyan dengan maha raja Fatiala sebagai pemimpin
mereka[7]
Hari-Hari
Besar
Ada tiga jenis
perayaan yang di peringati oleh agama Sikh, umumnya perayaan ini diadopsi dari
perayaan Hindu, antara lain:
Perayaan tahun
baru atau Baisakhi
Perayaan cahaya
atau Divali, dan
Perayaan Hola
Mohalla
Namun demikian
perayaan tersebut pada saat ini jarang dilakukan, mungkin hal ini dikarenakan
Guru Amar Das, Guru Ketiga mengatakan bahwa “perayaan yang bukan milik orang
Sikh jangan dirayakan. Bahkan andaikata kita harus merayakannya pada hari yang
sama, kita harus melakukannya dengan cara kita sendiri”.Namun demikian ada
upacara yang asli dari agama ini yang sering diperingati tiap tahunnya,
perayaan tersebut bernama Gurpurb, perayaan ini dilakukan untuk memperingati
kelahiran dan kematian sepuluh Guru[8]
KARYA TENTANG AGAMA
SIKH
§ Karya yang pertama dan selama beberapa tahun
di anggap sebagai karya yang difinitif tentang Sikh adalah karya Joseph Davery
Conningham yang berjudul A History of The Origin of The Nation of The Bettles
of The Sutlej, yang di terbitkan di london oleh Jihn Murray pada tahun 1949[9].
§ Karya Profesor Sher Sing yakni Philosophy of
Sikhism (lahore Sik. Univ. Press, 1944 : danedisi lainya yang terbitkan oleh
Delhi, sterling Publishers, 1966) merupakan satu karya yang sangat baik yang di
ambil dari tesisnya untuk memperoleh gelar Dr. Di Universitas London[10]
§ Karya Dr. Dharam Pal Asta Yang berjudul Poetry
of The Dasam Granth yang di cetak dalam bahasa Inggris hinga penerbitan pada
tahun 1959 di anggap tidak tepat karena karya ini merupakan study terhadap
tulisan-tulisan guru Gobind Singh[11]
Daftar pustaka :
8.
Drs.Adeg Mucthar
Ghazali. Ilmu Perbandingan Agama. CV Pustaka Setia
9.
Mukti Ali. Agama-agama
di Dunia.IAIN SUNAN KALIJAGA PRESS
[1]Mukti ali. Agama-agama di dunia hal.201-203
[2]Mukti ali. Agama-agama di dunia hal.204-205
[3]Mukti ali. Agama-agama di dunia hal.205-206
[4]Mukti ali. Agama-agama di dunia hal.206-207
[5]Mukti ali. Agama-agama di dunia hal.207-208
[6]mukti ali.
Agama-agama di dunia h. 209
[7]Mukti ali. Agama-agama di dunia hal.209-210
9.Drs.Adeg Mucthar
Ghazali. Ilmu Perbandingan Agama. Hlm 109
[10]Drs.Adeg Mucthar
Ghazali. Ilmu Perbandingan Agama. Hlm 114
[11]Drs.Adeg Mucthar
Ghazali. Ilmu Perbandingan Agama. Hlm 116
Tiada ulasan:
Catat Ulasan